Kamis, 29 April 2010

5 Kebiasaan Usik Kehalusan Kulit


Kerutan di kening, di bawah mata, kantung mata dan kulit kasar, ternyata bukan hanya disebabkan sinar matahari dan genetik. Menurut Mary P. Lupo, MD, dermatologis dari Amerika, kebiasaan yang kecil-kecil pun turut mempengaruhinya. Jadi, cobalah ubah dan milikilah kulit halus dan cantik. Inilah tips darinya:


1. Kebiasaan Scrub dengan Butiran Kasar

Butiran-butiran scrub yang kasar dapat merusak kulit. Gantilah dengan jenis scrub yang kecil-kecil dan bundar. Bahkan bila kulit anda sensitif, cobalah berscrub dengan baking soda. Campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta, gunakan sebagai scrub.

2. Kebiasaan Mandi Air Panas

Terlalu lama atau terlalu sering mandi dengan air panas dapat mengikis kulit. Membuat lapisan lipid (pengikat sel) yang melembapkan kulit terkikis. Memang lapisan lipid akan kembali dalam beberapa jam, namun selama prosesnya, kelembapan sudah lama hilang. Apalagi bila airnya mengandung klorin yang bisa membuat kulit kering dan teriritasi. Jika harus mandi air panas, usahakan tak lebih dari 10 menit.

3. Tidak Pernah Periksa Mata

Periksakan mata setidaknya dua tahun sekali. Sebab, ada gerakan otot berulang di sekitar mata seperti mengerenyit yang dapat menyebabkan garis halus permanen. Selain itu biasakan memakai kacamata bila berada di luar ruangan siang hari.

4. Tidak Bersihkan Wajah Setelah Menata Rambut

Kebanyakan orang menata rambut setelah melakukan rias wajah. Padahal bila menggunakan produk-produk rambut, akan ada bahan yang jatuh dan menyumbat pori-pori di sekitar wajah. Karena itu biasakan menata rambut terlebih dahulu, lalu bersihkan wajah sebelum mulai riasan.

5. Tidur Menyamping

Tidur dengan posisi tersebut, meninggalkan kerutan akibat garis-garis seprai tertinggal di wajah. Bila sering, dapat menjadi permanen dan merusak kolagen. Cobalah letakkan bantal kecil di bagian bawah lutut, akan mendukung tulang punggung dan membuat anda tak membalikkan tubuh. Selain itu, jangan biasakan berbaring menempelkan wajah di bantal, akan terjadi efek gravitasi yang menyebabkan cairan berkumpul di bawah mata yang memunculkan kantung mata.



Sumber: Kartini no. 2258 (26 November- 10 Desember 2009). Stress. Jakarta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar