Kamis, 29 April 2010

Etiket ke Salon


Merawat kecantikan di salon ternyata ada etikanya. Namun, cukup banyak yang tidak menyadari sehingga orang pun menyepelekannya. Berikut tips dari stylish yang perlu anda ketahui:



1. Datang tepat waktu

Anda janji untuk creambath pukul 10 pagi. Janganlah datang terlambat, karena para pemberi jasa perawatan di salon telah mengalkulasi waktu dalam menyusul jadwal bagi klien-kliennya. Misalnya terpaksa telat, usahakan maksimal 15 menit saja. Bila lebih dari itu, hubungi mereka untuk reskedul.

2. Kunjungan pertama seperti kencan pertama

Pertama kali menata rambut, penata rambut membutuhkan waktu lama karena harus mencocokkan karakter anda.selayaknya batasi waktu berbincang dengannya, agar ia bisa lebih konsentrasi.

3. Tanyakan tarif sebelum perawatan

Tanyakan kepada resepsionis, jenis pembayaran apa saja yang berlaku di salon itu. Penting juga menananyakan tarif tiap perawatan yang diinginkan secara detail. Terkadang tagihan untuk jenis perawatan yang sama berbeda pada masing-masing salon. Agar tidak terjebak dengan biaya yang mahal, cari tahu pada resepsionis.

4. Bersabarlah

Jika sudah membuat janji dan datang lebih dulu, bersabarlah. Namun jika penata rambut terlambat cukup lama, sampaikan keluhan anda lewat manajernya. Yang dirugikan biasanya mendapat ganti rugi pelayanan ekstra seperti manicure atau produk rambut gratis atau tergantung kebijakan salon.

5. Jangan berbohong

Keluhan akan rambut sebaiknya disampaikan secara jujur kepada penata rambut. Misalnya anda pernah merawat rambut di salon lain sebelumnya. Coba saja, keluhan akan ditanggapi dengan baik oleh penata rambut dan mereka akan mengupayakan perawatan lebih baik.

6. Jangan lupakan jasa orang lain

Jika anda merasa puas dengan pelayanan si penata rambut, ia lebih menghargai jika anda memberinya tip. Jangan menitipkan tip kepada pemilik salon, karena mereka sudah menarik keuntungan dari tarif perawatan. Jadi, berikan tipnya langsung kepada kapster atau manikuri.

Sumber: Kartini No. 2228 (9-16 Oktober 2008). Salon. Jakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar