Senin, 15 Maret 2010

Mempertahankan Kesehatan Organ Kewanitaan

1. Diet yang baik adalah diet yang sehat
Jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula dan perbanyak konsumsi youghurt

2. Memakai underwear (celana dalam) berbahan katun
Jangan gampang tergoda underwear yang menarik atau lucu-lucu tetapi dengan bahan yang tidak baik untuk kesehatan organ kewanitaan. Pilih bahan katun yang sangat baik menyerap keringat, sehingga organ kewanitaan tetap terjaga kelembabannya.

3. Menjaga kebersihan
Cara yang paling aman adalah dengan membasuh bagian vulva (bibir vagina) secara hati-hati dengan menggunakan air bersih setiap habis buang air kecil.
Cara membasuh yang benar adalah daria arah depan (vagina) ke belakang (anus), jangan terbalik, karena akan menyebabkan bakteri yang ada di sekitar anus terbawa ke depan.

4. Lebih baik tidak menggunakan zat pewangi
Kalaupun anda memilih untuk membersihkan organ kewanitaan bagian luar dengan menggunakan cairan khusus, sebaiknya pilih yang tidak mengandung pewangi.

5. Hindari memakai pakaian yang tidak nyaman
Sebisa mungkin hindari pemakaian celana ketat terlalu lama, seperti bicycle pants, baju renang, baju senam, dan celana ketat lainnya karena membuat organ kewanitaan anda sulit bernafas.

6. Jangan digaruk !
Gatal adalah salah satu tanda infeksi, menggaruk akan membuat keadaan semakin buruk. Lebih baikjika merasa gatal segera ke dokter !

Sumber : Go Girl 34/November 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar