Senin, 15 Maret 2010

STRATEGI-STRATEGI INTERAKSI

Kelompok-kelompok dapat berinteraksi dengan kelompok lain dengan beberapa cara. Pendekatan-pendekatan yang dilakukan dipengaruhi oleh situasi yang ada misalnya situasi tertentu mendorong terjadinya kerja sama, sedangkan bila terdapat keterbatasan sumber daya, kemungkinan terjadi kompetisi, berikut ini diuraikan beberapa strategi yang dapat dipilih.

Kerjasama dan Kompetisi (cooperation and competition)
• Kooperasi adalah bekerja sama untuk saling menguntungkan.
• Kompetisi adalah aktivitas yang diarahkan untuk pencapaian tujuan dengan mengorbankan orang atau kelompok lain.

Seseorang atau kelompok memilih strategi kompetisi atau kooperasi, tergantung pada struktur reward yang menyertai situasi yang ada. Terdapat tiga tipe struktur reward,yaitu :
1. Struktur reward kooperatif
Di dalam struktur ini, situasi yang ada sedemikian rupa sehingga individu atau kelompok dapat mencapai tujuan hanya jika individu atau kelompok lain mencapai tujuan-tujuan yang sama. Saling ketergantungan antar individu atau kelompok dalam situasi ini disebut promotive independence (Deutsch. 1973)
2. Struktur reward kompetitif
Dalam struktur ini, tujuan-tujuan partisipan saling terkait secara negative sehingga keberhasilan salah satu individu atau kelompok berarti kegagalan bagi individu atau kelompok. Istilah untuk situasi ini, menurut Deutsch adalah contrient interdependence
3. Struktur reward individualistik
Hal ini terjadi bila tujuan individu atau kelompok tidak saling tergantung, sehingga apa yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang satu tidak mempengaruhi individu atau kelompok yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar